Minggu, 25 Mei 2008

TENTANG AJAG (atau Ajax..?)


Sedang browsing, ketika menemukan situs ini cegahsatwapunah.com

Ide yang sangat bagus dan layak diberi dukungan....

Salah satu, artikel yang menarik adalah tentang anjing liar atau ajag (atau ajax yah..? ).
Ada paragraph yang berbunyi :
Kehidupan dan komunitas Ajag terbiasa hidup berkelompok atau bergerombol dalam lima hingga dua belas ekor, tergantung lingkungannya. Tetapi di Taman Nasional Gunung Leuser, Ajag ditemukan hidup soliter. Perburuan akan Ajag di hutan-hutan dewasa ini semakin meningkat................

Jadi teringat akan salah satu buku sejarah yg sialnya saya lupa apa judulnya, tapi untungnya saya ingat bahwa buku tersebut telah lama hilang............

Buku itu mengatakan bahwa semasa penjajahan belanda, para serdadu belanda sering mengisi waktunya dengan berburu menembak ajag ini tanpa perlu harus berpindah dari posisi mereka. Hal ini bisa dilakukan karena pada masa itu, ajag-ajag sangat banyak dan gampang dijumpai di tanah jawa ini.

Saya jadi teringat juga akan cerita-cerita mengerikan dari beberapa rekan saya yang berasal dari daerah Banyuwangi................cerita ini berasal dari masa lalu Indonesia, sekitar tahun 1965-1966, pada masa pembantaian masa PKI. Konon, di daerah banyuwangi (seingat saya namanya Jurang Tangis), massa dan simpatisan PKI ditangkap dan dibawa ke tepi jurang tersebut........mereka diberi pilihan "di Bunuh atau lompat ke dasar jurang...?"
Pilihan yang sama-sama tidak enak, mengingat jurang ini dalamnya sekitar 2km. Namun, banyak yang memilih untuk terjun bebas, karena kesempatan hidup masih ada........!!!
Tapi yang tidak disadari oleh korban tersebut adalah, walaupun mereka masih bisa terjun bebas dan masih hidup, tapi diyakini kalau mereka terluka parah, dan berdarah-darah. Dan yang paling diluar dugaan bahwa di dasar jurang tersebut, banyak anjing-anjing liar yang hidup bergerombol hingga mencapai ratusan. Membandingkan ciri-ciri cerita rekan saya tersebut dengan ciri-ciri yang saya baca di situs ini, saya yakin kalau anjing-anjing liar tersebut adalah ajag eh ajax eh........

Saya juga teringat akan masa lalu saya. Sewaktu masih duduk di SMP, sekolahan saya itu terletak di daerah Ganting, yang masih banyak sawah, kebun tebu dan juga hutan-hutan kecil. Lokasi yang memungkinkan untuk berkembang-biaknya hewan yang bernama "garangan" yang saya yakini sebagai salah satu dari jenis musang.......

Garangan...
(photo saya dapat dari : sonobudoyo.jogjaprov.co.id)

Cara berburu garangan dengan dibantu oleh beberapa ekor anjing kampung. Dengan bantuan penciuman tajam dari anjing-anjing ini, saya beserta kawan-kawan sekolah (satu kelompok bisa mencapai 7 orang manusia dan 5 ekor anjing kampung) berburu garangan di lokasi-lokasi persawahan luas, kebun-kebun tebu, hutan-hutan kecil yang biasa saya sebut "barongan" biasanya penduduk setempat mengacu pada hutan bambu.
Perburuan ini biasanya disebut "ngajag". Berdasarkan pelajaran Bahasa Jawa yang saya dapat, kata-kata "ngajag" ini berasal dari kata dasar "ajag" dan tambahan "ng" yang berarti melakukan atau mencari atau berburu "ajag"..........
Mungkinkah perburuan ini (ngajag) berasal dari tradisi orang-orang jawa masa lampau yang berarti berburu anjing ajag........? namun karena anjing ajag sudah sulit sekali dicari atau bahkan mungkin sudah punah dibeberapa lokasi, ngajag berubah menjadi berburu garangan. Akankah nasib, garangan akan seperti nasib ajag eh ajax eh.........?

ngomong-ngomong yang bener ajag atau ajax sih......?

48 komentar:

rafki rs mengatakan...

Ajag tentunya saya fikir yang benar. Sebab kalau Ajax bukannya nama sebuah klub sepak bola di Belanda?

sudutblog mengatakan...

bisa jadi yg benar adalah ajax, tp karena telinga dan lidah orang indonesia yang kemudian menuliskan ajag......
bisa jadi juga karena ajax mengambil nama dari jenis anjing liar ini...

tapi apa bener yah..?

cegah satwa punah mengatakan...

halo bos, thanks udah mampir di kehidupan satwa yang hampir punah. meski BBM lagi parah, tapi jangan sampai satwa Indonesia ikut-ikutan punah.


cegah satwa punah dot com

sudutblog mengatakan...

sama-sama bos, gua jg pencinta fauna, mulai kecil.....
kapan-kapan boleh gak sumbang artikel..?

indo mengatakan...

Kalau di Belanda AJAX adalah top club di Amsterdam...he..he..he

leah mengatakan...

klao dunia IT ajax itu salah satu program heuheeu

tyka mengatakan...

cerita ttg jaman komunis-nya bikin merinding euy...

tanahsirah mengatakan...

Wah jadi AJAX anjing toh.....
berarti script ajax sama dengan script anjing ya, wakaka....

rofiulmengatakan...

ya itu kan karena orang jawa sering keseleo dengan bahasa netherland. banyak kejadian kek gitu.. hehehe

~ tc ~ mengatakan...

ajax...? bukannya alat untuk menyaring tepung ??
*mukamikir :P

Zulfaisal mengatakan...

Aku ga begitu tau banyak soal fauna, apalagi binatang liar semacam Ajaq (jika benar namanya begitu).

Aku lebih tertarik soal bagaimana kebiadaban PKI dalam membunuh rakyat. Coba gali lagi dong bagaimana kronologis cerita pembantaian itu. Biar anak bangsa ini jadi melek sejarah.

Tabik!

sudutblog mengatakan...

@zulfaisal
oke entar saya buat semacam reka ulang berdasarkan cerita di kampung saya dan beberapa referensi yang saya ketahui

coffeehead mengatakan...

baru tau kalo ada nama ajag.....kalo ajax sih setau saya nama klub sepakbola di belanda...

antown mengatakan...

hi mas toras. makasih udah mampir ke blog saya. kalo saya di pojok atau sudut saya paling enak tiduran. soalnya enak buat sandaran hehehe. btw, dimana ya tulisan ttg uangnya? saya agak susah carinya. coz seiap postingan harus loading dulu kalo mau dicari.

yusdi mengatakan...

wah musti kita jaga neh ajag...

ajagin gih semuanya untuk menyayang binatang....

Anonimmengatakan...

generic valium buy valium vietnam - much do valium cost street

Anonimmengatakan...

diazepam online diazepam recommended dose - diazepam no prescription usa

Anonimmengatakan...

zolpidem without prescription zolpidem generic no prescription - ambien side effects while pregnant

Anonimmengatakan...

buy diazepam online genuine diazepam online - diazepam much get high

Anonimmengatakan...

diazepam online diazepam 5mg 100 comprimidos - diazepam like valium

Anonimmengatakan...

buy xanax online xanax extended release side effects - xanax drug interactions prozac

Anonimmengatakan...

ambien zolpidem zolpidem yahoo answers - wockhardt usa zolpidem

Anonimmengatakan...

diazepam 10mg what does diazepam 5mg look like - buy msj diazepam online

Anonimmengatakan...

buy valium online dose of valium - valium effects and duration

Anonimmengatakan...

diazepam online online pharmacy for diazepam - pass diazepam drug test

Anonimmengatakan...

buy xanax xanax effects wiki - what is xanax 0.5mg

Anonimmengatakan...

diazepam contraindications diazepam withdrawal duration - order diazepam online no prescription

Anonimmengatakan...

buy diazepam online purchase diazepam online usa - diazepam dosage vasectomy

Anonimmengatakan...

buy ambien online zolpidem side effects long term use - buy generic ambien no prescription

Anonimmengatakan...

buy somas carisoprodol usp 350 mg - carisoprodol ibuprofen

Anonimmengatakan...

order ambien online ambien side effects wiki - buy ambien online no rx

Anonimmengatakan...

soma online buy soma fedex overnight - carisoprodol 350mg

Anonimmengatakan...

generic valium cheapest valium online buy - valium street value 10mg

Anonimmengatakan...

cheap soma online maximum safe dosage carisoprodol - where can i buy soma underwear

Anonimmengatakan...

buy soma soma medication ingredients - soma medication pregnancy

Anonimmengatakan...

order soma buy soma online no prescription cheap - carisoprodol vs hydrocodone

Anonimmengatakan...

where can i buy ambien online ambien side effects reviews - ambien cr 12.5 half life

Anonimmengatakan...

buy soma soma drug schedule - carisoprodol v 2410

Anonimmengatakan...

buy ambien online high on ambien - ambien cr kinetics

Anonimmengatakan...

Hi, MoxoredapeTox order furosemide - cheap lasix without prescription http://www.jacksbackyarddallas.com/#cheap-lasix-without-prescription

Anonimmengatakan...

Hyperthyroid Medication Adcock Ingram acomplia online no prescription - order acomplia http://www.buydiscountedisotretinoin.net/#order-acomplia

Anonimmengatakan...

Treatment For Intrahepatic Stones Drug buy rimonabant - buy rimonabant online http://www.buydiscountedisotretinoin.net/#buy-rimonabant-online

Anonimmengatakan...

Hypertension Medication And Diabetes meridia diet pills without prescription - meridia medication http://www.meridiaonlineorder.net/#meridia-medication , [url=http://www.meridiaonlineorder.net/#sibutramine-no-prescription ]sibutramine no prescription [/url]

Anonimmengatakan...

Hi, generic ambien online - zolpidem without prescription http://gouhelp.com/, [url=http://gouhelp.com/]generic ambien [/url]

Anonimmengatakan...

Li, Cheap Modafinil - provigil sale http://www.provigilbenefitsonline.net/, [url=http://www.provigilbenefitsonline.net/]Generic Provigil[/url]

Anonimmengatakan...

5, [url=http://www.isotretinoinonlinerx.net/] Cheap Accutane [/url] - Order Isotretinoin Online - accutane pills http://www.isotretinoinonlinerx.net/ .

Anonimmengatakan...

acetique et de la mannite, acheter viagra, les vins des coteaux de Saumur los que se dan d conocer como nuevos para la, cialis valencia, La necesidad impuesta de potestades opresoras, e ritiene ancora come molto viagra, Tutti questi caratteri non si riscontrano nel, Knochen mittels Schwefelsaure, cialis einnahme, Schliesslich gibt man der Saure eine geringe,

Anonimmengatakan...

12, [url=http://www.nemedicalmassage.com/]Reductil Price [/url] - Reductil Price - meridia diet pills http://www.nemedicalmassage.com/ .

 
© free template by Blogspot tutorial