Senin, 07 September 2009

Real time News atau Iklan...?

RSS atau singkatan dari Real Simple Syndication, memudahkan kita untuk mendapatkan berita terbaru situs-situs ato dari para blogger yg sudah kita subscribe sistem feed-nya. Jutaan orang termasuk saya menggunakan system ini untuk mendapatkan berita paling anyar dari New York Times misalnya, atau dari situs menarik lainnya. RSS juga membantu kita untuk dapat menarik pengunjung pada situs kita. Contohnya pada blog ini, coba liat di kiri bawah diatas layan iklan kumpulblogger, anda akan bisa membaca berita dari blog saya yang lain, Sportainments berbentuk teks. Itu adalah berita melalui system RSS.

Menyenangkan dan mudah. Tapi ada satu kelemahan dari sistem ini, kecepatan. Walaupun tidak memakan waktu sampai satu jam, tapi, kebanyakan para blogger membutuhkan beberapa menit untuk dapat meng-update berita dari RSS yang diambil. Hal ini jelas kalah cepat dengan sistem yg real time macam twitter ato feedfriend. Hal ini jelas menjadi masalah besar bagi para pemburu berita.

Berdasarkan pengalaman inilah, Wordpress, salah satu penyedia layanan situs terkenal, berusaha mengurangi delay pada proses pengiriman berita dari RSS. Dengan mengimplementasikan sistem RSScloud pada sistemnya, wordpress mampu membuat sistem yang real time, terutama kepada sesama pengguna hosting ini. Lebih cepat dari hosting blogspot yang kadang bisa satu jam baru rss reader-nya sudah update dari sumber.

Menurut mas Mat Mullenweg (pendiri wordpress/gambar diatas), pengguna internet berinteraksi dengan system feed memakai cara cek hampir setiap jam. Namun dengan memakai wordpress yang sudah install plug ini RSScloud ini, maka semua user akan mendapatkan berita secara cepat dan bahkan spontan.

Dengan update yg real time, kemungkinan besar wordpress akan menjadi pilihan pertama bagi webmaster atau para blogger. Bahkan mungkin, blogspot akan ditinggalkan. Benarkah…?

Ada satu kelemahan wordpress, sampai saat ini tidak menyediakan ruang bagi para pengguna hosting gratisan untuk memasang layanan iklan. Beda dg blogspot. Suatu hal yang membuat saya terus setia kepada blogspot. Buat saya, memburu berita yang update kalah menarik dengan adanya tampilan iklan. Hehehe...

4 komentar:

  1. WordCamp Indonesia 2010 sebentar lagi akan berlangsung pada hari Sabtu, 30 Januari bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma. Jangan lewatkan ^_^

    BalasHapus
  2. dimana tuh mbak..eh mas.. (mbak apa mas nih?)

    BalasHapus