Minggu, 06 April 2008

Selamat Jalan Charlton Heston

Berita duka; Telah meninggal dunia, Charlton Heston pada hari sabtu malam, 5 April 2008 di tempat tinggalnya Calif, Beverly Hills.

Charlton Heston adalah aktor yang melegenda hingga saat ini. Beliau telah membintangi hampir seratus lebih judul film, termasuk pilm-pilm berkelas macam The Ten Commandment, Ben Hur, Planet of the Apes dan tampilnya juga dalam teater panggung.

Beliau lahir di Illinois dan mengalami keretakan keluarga (orangtuanya cerai) sewaktu berumur 10 tahun. Badai dalam hidupnya ini tidak membuatnya patah semangat, malah membuat Heston memperlihatkan prestasinya. Sewaktu masih duduk di SMA, Heston ikut terlibat dalam pilm pertama yang menggunakan audio suara sebagai Mark Antony di William Shakespear's Julius Caesar. Pada periode 50'an Heston melejit karirnya dalam pilm-pilm kolosal. Berperan sebagai Nabi Musa dalam The Ten Commandment, sebagai Michelangelo dalam The Ectasy and Agony, sebagai Judah Ben-Hur dalam Ben-Hur. Sekitar tahun 60'an hingga awal 70'an, Heston membintangi pilm-pilm fiksi termasuk yang sangat diingat orang hingga saat ini, Planet Of The Apes. Tidak berhenti di sini, Heston pada tahun 70'an-hingga awal 2000 juga terlibat sebagai Cardinal Richeliu dalam The Three Musketeers. Bahkan Heston ikut mampir juga sebagai Cameo dalam Wayne's World 2, Tombstone dan True Lies, Remakes dari Planet of the Apes. Diluar pilm-pilm Hollywood, Heston terlibat dalam proyek-proyek seperti serial TV The Treasure Island, serial TV rohani, The King James Version. Dalam panggung teater dan hiburan, membawakan acara Saturday Night Live, sebagai Sherlock Holmes. Sulit untuk mengingat semua prestasi Charlton Heston yang membuatnya meraih 11 piala oscar.

Belum lagi karir politiknya. Heston ikut dalam tim sukses Adlai Stevenson dan John F, Kennedy dalam pemilu presiden amerika. Ikut tampil juga bersama Martin Luther King menyuarakan persamaan hak. Mengkampanyekan UU senjata (Gun Right), menentang perang Vietnam dan banyak lagi gerakan politik positif yang dilakukan oleh Heston. Mengingat sumbangsih yang begitu besar dalam Hollywood dan gerakan politiknya yang menentang kekerasan dan mendukung persamaan manusia, Dunia harusnya ikut berduka cita dan merasa kehilangan atas kepergian Charlton Heston. Selamat Jalan Pahlawan..........





0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial