Minggu, 20 Desember 2009

Belajar Astronomi Online

Berbincang mengenai astronomi pasti tidak akan ada habisnya. Wajar sekali, mengingat alam semesta ini memang tidak ada batasnya. Tidak heran juga kalau disiplin ilmu astronomi pasti banyak menyita banyak hal dari kita.

Untunglah, dunia informasi sekarang ini begitu luas. Mungkin perbandingannya cuma sedikit dibawah alam semesta itu sendiri. Informasi yang membuat dunia kita sempit. Maksudnya, kita bisa dapat bantuan secara online belajar mengenai astronomi.

Beberapa situs dibawah ini bisa sangat membantu kita untuk mempelajari 'langit' secara online.

1. Astronomy.com

Sebetulnya, situs ini dibuat sebagai support untuk majalah yang berjudul sama. Astronomy Magazine merupakan majalah terlaris untuk kategori ini. Sedangkan situsnya juga lumayan lengkap. Sangat bagus untuk semua orang dan usia, baik itu pemula maupun yang sudah mahir dalam bidang astronomi.

2. SkyandTelescope

Sama seperti astronomy.com, situs ini juga berdasarkan majalah astronomi yang juga tak kalah populernya. Cuman mungkin lebih non-formal saja. Selain menyediakan ruang untuk belanja online, situs ini juga menyediakan blog. Tentu saja blog untuk komunitas astronomi.

3. KidsAstronomy

Tidak salah lagi, situs ini memang untuk membantu anak-anak belajar dan memahami astronomi. Tidak heran bila situs ini juga menyediakan game gratis astronomi untuk anak-anak. Meski begitu, enak juga buat orang-orang dewasa untuk 'nongkrong' disini. Cuman gak ada ramalan jodoh loh...

4. Windows to the Universe.

Jendela yang terbuka menuju alam semesta. Begitu kira-kira konsep yang ditawarkan situs ini. Di tempat ini kita juga disuguhi mengenai cerita-cerita legenda atau mitos mengenai benda-benda langit dari hampir semua kebudayaan di dunia ini. Indonesia juga ada, meski tidak disebutkan namanya, tapi gambar yang tersedia menunjukkan tentang Garuda adalah patung dengan ukiran khas Bali . Selain itu, juga tersedia mengenai sejarah mengenai manusia-manusia yang punya prestasi dibidang astronomi. Situs ini adalah favorit saya.

Garuda

Link gambar : klik


5. Astronomy Cast

Situs ini sebetulnya lebih ditujukan untuk para pemula, tapi bisa juga sebagai bahan sandaran bagi mereka yang sudah mahir tentang astronomi. Selain datanya terindek secara rapi, situs ini juga terintegrasi dengan layanan untuk ipod. Jadi biar ipod-nya gak terisi penuh sama hal-hal yang aneh-aneh aja.

6. Astronomy pictures of the day

Milik NASA. Menyediakan gambar-gambar astronomi setiap harinya. Sedangkan gambar-gambar lama masih diarsip lengkap. Lumayan untuk wallpaper.

7. Sky View Cafe

Kalau yang ini sedikit unik. Menyediakan program untuk pemilik web atau blog agar bisa terkoneksi dengan planetarium online milik situs ini. Dengan begitu, pengunjung web atau blog yang sudah terkait dengan programnya bisa melihat keadaan langit disekitarnya. Misalnya, seorang blogger dari Indonesia memasang program tersebut lalu ada pengunjung blog dari Amerika, maka si pengunjung tersebut bisa melihat keadaan langit di Indonesia.

Cuma, ada peringatan dari situs ini. Jangan menginstall program ini kalau kita punya bandwith minim.

8. Google.com

Cukup ketik astronomi....keluar semuanya......